.

Tuesday, April 5, 2011

Jenis Kulit



Sebelum berlanjut pada pemilihan foundation, alangkah baiknya kita memahami jenis kulit kita, apakah ia normal,berminyak,kering,sensitif dll.Pada umumnya jenis kulit terbagi dari:
  • Normal
  • Kering
  • Berminyak
  • Kombinasi
  • Sensitif
Sering kali ku mendengar complaint  dr teman-teman ku , produk ini nggak bagus lah, produk ini jeleklah, bikin kulit berjerawat ,bikin kulit rusak dan lain sebagainya (anyway, dulu aku juga begitu lho hehehe). Sebenarnya itu adalah kesalahan kita sendiri, kok bisa? ....tentu saja bisa. Umumnya kita membeli produk kecantikan karena katanya bagus, diiklankan oleh artis beken dll..yang tanpa sadar kita hanya mengikuti  trend bukan benar2 yg kita butuhkan. Betul nggak?

Setelah mengalami banyak kegagalan dalam menemukan produk kulit (skin care, make up) , akhirnya ku perbanyak membaca hal2 yang berkaitan dengannya, akhirnya sadar kalo selama ini kita ni beli produk dengan asal...kesalahan paling umum adalah kita menganggap bahwa produk mahal pasti bagus. well, nggak selalunya..


Ok,let's move on pada cara mengetahui jenis kulit kita, banyak cara yang bisa kita gunakan, tp disini aku hanya menggunakan metode mudah. pastikan wajah tanpa produk apapun yg menempel,siapkan handuk basah dan tissue.
  • Lap muka dan leher dengan handuk basah
  • Tunggu sampai kering dan biarkan 30mnt -1 jam
  • Tekan tissue kering ke kulit muka
Hasilnya:

  1. NORMAL, jika kulit tidak terasa ketat, tidak terdapat bercak minyak pada tissue , dan terasa lembut
  2. KERING, jika terasa ketat dan agak kasar serta terdapat lapisan kulit yg terkelupas walopun kecil
  3. BERMINYAk, biasanya tidak menunggu waktu lama setelah mengelap muka atau cuci muka dan mengeringkanya minyak sudah mulai muncul terutama di daerah T zone
  4. KOMBINASI, jika hasilnya adalah gabungan antara jenis2 diatas, mungkin sebagian normal n kering, sebagian normal n berminyak
  5. SENSITIF, biasanya kulit terasa ketat, muncul kemerahan, terasa panas n pedih.

Jika membeli skin care, pastikan membaca dengan seksama untuk kulit jenis apakah itu. 
     

No comments: